Category

Powered by Blogger.

Thursday, December 3, 2015

javascript - event

by Lindi Classic  |  in javascript at  4:11 AM

Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang (function event) pada Javascript. Event adalah aksi dari user yang bisa menghasilkan interaktifitas, pada kenyataannya event di dalam JavaScript adalah klik dari tombol mouse (merupakan satu satunya aksi yang dapat diatur oleh HTML). JavaScript memungkinkan mengasosiasikan event dengan beberapa fungsi dari metode seperti lewatnya mouse pointer diatas zona tertentu, perubahan nilai dan lain sebagainya.

Event administrator adalah yang memperbolehkan untuk mengasosiasikan satu aksi ke dalam sebuah event. Sintaks dari event administrator tersebut adalah sebagai berikut :



Untuk penggunaan link hiperteks, maka sintaksnya adalah sebagai berikut :





A. Macam-macam Kejadian

Dalam JavaScript terdapat beberapa macam kejadian yang harus ditangani. Dibawah ini beberapa kode yang harus dimasukkan ke dalam tag event administrator untuk menghasilkan aksi tertentu.



































































Dibawah ini akan mencoba satu contoh sederhana cara menampilkan kotak dialog yang berisi tulisan 'Latihan Event' (dengan tanda satu petik di depan dan di belakang kata) sesudah anda melakukan klik terhadap satu link yang mentrigger event untuk mengaktifkan kotak dialog tersebut.














Bukalah file tersebut pada browser, dan hasilnya adalah sebagai berikut:
 
Dan apabila di klik pada link tersebut, maka hasilnya aalah sebagi berikut:


Demikianlah sedikit penjelasan tentang (function event) pada Javascript. Semoga bermanfaat, Salam sukses...

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.