Category

Powered by Blogger.

Tuesday, December 1, 2015

javascript - perulangan for

by Lindi Classic  |  in javascript at  11:39 PM

Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang perulangan For pada Javascript. 
 
Pengulangan (Looping)
Sebelum berbicara tentang instruksi, kita bicarakan dulu tentang Loop. Loop adalah struktur instruksi-instruksi yang dapat di eksekusi berulang-ulang selama kondisi syaratnya belum terpenuhi. Cara yang paling umum dalam melakukan Loop adalah dengan menambahkan variabel penghitung/counter (variabel yang bertambah satu unit nilai selama satu kali Loop instruksi dijalankan (increment)), Loop akan berhenti jika variabel penghitung sudah melewati batas nilai tertentu yang dijadikan syarat.
 
JavaScript mendukung dua struktur loop, perintah for dan perintah while. Untuk kontrol pada struktur loop, JavaScript menyediakan perintah break dan continue. 

Perintah For
For adalah salah satu Instruksi yang menggunakan fasilitas Loop. Dalam sintaksnya kita hanya perlu memasukkan nama variabel sebagai penghitung (dan juga nilai awalnya, serta kondisi dimana loop akan berhenti (pada dasarnya, kondisi dimana nilai penghitung melewati angka tertetu)), dan yang terakhir instruksi modifikasi penghitung, increment (naik per unit) atau decrement (turun per unit). Perintah for mengulang suatu loop sampai kondisi menghasilkan evaluasi true atau loop keluar dengan perintah break.
Tabel Penggunaan Pernyataan for sebagai berikut:


















Penjelasan dari contoh diatas, loop ini akan 5 kali menampilkan nilai dari i, mulai dari i=1,2,3,4,5. Loop dimulai dari i=1 dan akan selalu melakukan cek dan verifikasi apakah nilai i kurang dari 6. Sampai pada i=6, dimana kondisi syaratnya sudah tidak terpenuhi maka loop akan berhenti.

Urutan proses untuk perintah for adalah sebagai berikut:

  1. Interpreter menjalankan ekspresi-awal. Ekspresi ini menentukan nilai yang diperlukan untuk kendali perulangan.
  2. Kemudian interpreter memeriksa kondisi. Jika true, kendali dilanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika false, kendali diarahkan ke perintah setelah perulangan.
  3. Interpreter menjalankan ekspresi-penambah, yang mana melakukan update terhadap variabel yang digunakan untuk kendali perulangan.
  4. Kemudian statement dijalankan dan, jika ditemukan suatu break atau continue, kendali kembali ke langkah 2.
Sebagai contoh, Buatlah file html dengan script seperti di bawah ini:

Bukalah file tersebut pada browser, dan hasilnya adalah sebagai berikut:













Demikianlah sedikit penjelasan dan contoh tentang perulangan for pada Javascript. Semoga bermanfaat, Salam sukses...

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.