Category

Powered by Blogger.

Wednesday, December 2, 2015

javascript - function tanpa parameter

by Lindi Classic  |  in javascript at  12:43 AM

Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang fungsi pada Javascript. 
 
Fungsi
Fungsi merupakan subprogram yang memungkinkan untuk menjalankan sekelompok instruksi dengan satu pemanggilan sederhana nama fungsi tersebut dari satu atau beberapa bagian di dalam badan suatu program. Bentuk subprogram yang kita sebut fungsi ini sangat umum di pakai di banyak bahasa pemrograman (tentu saja dengan cara yang sedikit berbeda antara satu dengan lainnya). Di lain pihak suatu fungsi, juga bisa memanggil dirinya sendiri, ini kita sebut dengan fungsi rekursif (akan tetapi jangan lupa untuk meletakkan kondisi khusus supaya fungsi bisa berhenti, kalau tidak bisa membahayakan kelangsungan program secara global).

Fungsi pada JavaScript pada dasarnya dibagi ke dalam dua macam yaitu fungsi yang Anda definisikan sendiri dan fungsi bawaan (built-in function).

Mendefinisikan Fungsi
Sebelum digunakan, suatu fungsi harus di definisikan terlebih dahulu karena untuk memanggil fungsi tersebut dari dalam program, navigator harus mengenalinya terlebih dahulu, dalam artian mengenali namanya, argumennya, dan instruksi di dalamnya. Pendefinisian satu fungsi dinamakan deklarasi.

Sebagai contoh, Buatlah file html dengan script seperti di bawah ini:
 
Bukalah file tersebut pada browser, dan hasilnya adalah sebagai berikut:
 
Demikianlah sedikit penjelasan tentang fungsi tanpa parameter pada Javascript. Semoga bermanfaat, Salam sukses...
 

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.